Mengapa Stiker Label itu Penting?
Tidak jarang masih ada pelaku usaha yang menganggap bahwa promosi brand hanya dapat dilakukan menggunakan iklan di media sosial atau haus menyewa papan baliho di pinggir jalan. Padahal, ada satu media promosi sederhana yang efeknya besar bagi brand apabila benar dalam penggunaan strateginya. yakni stiker label produk. Stiker label produk adalah sebuah sebuah media cetak yang bisa ditempelkan pada kemasan produk atau diberikan langsung kepada calon konsumen sebagai alat promosi dari brand.
Mata manusia relatif menyukai visualisasi gambar daripada teks panjang. Oleh karenanya, label stiker lebih efektif karena mengandung pesan singkat yang ditambahi dengan ilustrasi atau gambar. Dengan stiker label, kesan brand akan terlihat profesional, terpercaya, dan mudah diingat oleh konsumen. Poin tersebut juga merujuk pada kegunaan stiker label yang mampu membangun brand awareness kepada audiens dengan biaya yang relatif murah. Daripada membuat kaos atau totebag, mencetak stiker label promosi menjadi pilihan media cetak yang memiliki impact besar modal ekonomis. Artikel ini akan menjelaskan contoh stiker label produk, 5 strategi jitu penggunaannya dalam binis, dan tips daam mendesain stiker label promosi yang benar.
Contoh Stiker Label Produk
1. Stiker Label Kemasan Makanan dan Minuman
Stiker label paling mudah diterapkan pada kemasan makanan atau minuman. Dengan stiker label yang seringnya memuat informasi terkait brand dan produk, konsumen akan merasa lebih aman dalam menggunakan produk tersebut.
2. Stiker Label Kemasan Produk Skincare
Produk skincare menggunakan stiker label dengan warna kalem. Biasanya berisi komposisi, nama brand, dan izin edar yang mampu membangun kepercayaan konsumen terhadap brand.
3. Stiker Label Kemasan Produk Fashion dan Produk Elektronik
Brand pakaian atau elektronik terkadang ditambahkan setiap kali ada pembelian yang bbisa ditempelkan di laptop atau helm.
5 Strategi Jitu Penggunaan Stiker Label Produk untuk Promosi Usaha
Strategi 1: Gunakan Stiker sebagai Label Kemasan Produk
Strategi pertama ini tergolong mudah dan sudah sering untuk dilakukan, yakni menjadikan stiker sebagai label kemasan produk. Sudah banyak perusahaan besar maupun UMKM yang menerapkan strategi ini dengan membuat label stiker custom sebagai solusi yang ekonomis dan efektif.
Strategi stiker label promosi kemasan atau label usaha cocok diterapkan pada berbagai jenis produk, baik itu produk makanan ringan, produk minuman, produk obat-obatan herbal, bahkan produk non-konsumsi. Untuk strategi satu ini, hal krusial yang patut diperhatikan adalah desain stiker. Agar stiker label yang diperuntukkan untuk promosi usaha maksimal, stiker label jangan sekedar memuat nama brand, tapi juga informasi lain seperti komposisi bahan, varian rasa, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, dan kontak perusahaan.
Selain desain stiker, bahan dan jenis stiker juga berpengaruh. Ada banyak jenis dan bahan stiker yang peruntukan penggunaannya juga berbeda. Misalnya, untuk produk makanan dan minuman, sebaiknya menggunakan stiker bahan vinyl agar tidak mudah rusak saat terkena air. Dengan strategi ini, produk bisa lebih mudah diingat konsumen dan mampu bersaing di pasaran.
Strategi 2: Gunakan Stiker Label Promosi sebagai Hadiah Konsumen
Strategi kedua ini dapat dijadikan sebagai media pemasaran jangka panjang yang dapat menaikkan loyalitas konsumen. Menggunakan stiker label promosi sebagai hadiah konsumen dapat diterapkan setiap kali konsumen membeli produk. Misalnya, suatu brand pakaian yang menyisipkan label stiker promosi mereka ketika barang akan diantarkan ke konsumen. Pada brand makanan, label stiker promosi dapat diberikan saat konsumen take-away atau makan di tempat.
Sekalipun terlihat sederhana, ini bisa dijadikan campaign dalam membangun brand awareness yang memicu terjadinya repeat order. Keberhasilan strategi ini bergantung pada seberapa menarik stiker label promosi yang digunakan. Untuk itulah, perlu warna yang mencolok, kata-kata yang mudah diingat, atau ilustrasi lucu.
Strategi 3: Gunakan Stiker Label sebagai Media Branding Offline Event
Untuk strategi satu ini sebenarnya hampir sama teknisnya dengan strategi nomor dua. Hanya saja, penerapannya dilakukan pada event offline seperti bazar yang dinilai cukup efektif dalam menarik minat pengunjung. Selain itu, stiker label juga dapat dimanfaatkan sebagai media dokumentasi momen penting. Hal ini disebabkan, tidak jarang stiker dicetak untuk memperingati hari-hari tertentu, misalnya saat launching produk. Banyak perusahaan besar yang mengadopsi strategi ini sebab tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak, namun mampu meningkatkan tingkat exposure dari brand. Misalnya, suatu brand ponsel terkenal yang baru saja launching produk, membagikan stiker label eksklusif kepada pembeli. Ini dapat memicu investasi jangka panjang dalam hal promosi karena ada kemungkinan stiker label tersebut ditempel pada barang pribadi mereka, misalnya ponsel atau tas. Sehingga setiap kali melihat stiker label tersebut, bisa memicu repeat order, new order, atau setidaknya brand tersebut terlihat oleh orang lain.
Strategi 4: Gunakan Stiker Label sebagai Media Diskon atau Promosi Khusus
Ada satu trik psikologi yang sering diterapkan dalam marketing, yakni dengan menciptakan rasa urgensi kepada konsumen. Salah satu hal yang bisa diterapkan dapat melalui stiker label mengenai diskon khusus atau produk limited edition. Misalnya, dengan menempelkan label stiker berwarna merah terang yang bertuliskan “diskon 30%” atau “buy 1 get 1” pada kemasan produk.
Strategi ini dapat diterapkan bukan hanya pada toko offline tapi juga toko online. Jika pada toko offline label stiker dapat ditempelkan pada kemasan produk, toko online bisa menerapkan strategi ini dengan menyertakannya pada poster produk yang diupload di etalase toko online. Efek psikologi dari strategi ini cukup kuat. Konsumen cenderung akan lebih cepat dalam mengambil keputusan apabila dihadapkan pada situasi ‘terbatas’ dan seolah sedang ‘diburu-buru’, seperti “Limited Edition” atau “Stok Terbatas”.
Strategi 5: Gunakan Stiker Label Promosi sebagai Media Kolaborasi
Kolaborasi menjadi salah satu strategi pemasaran yang populer. Strategi ini dapat ditunjang menggunakan stiker label promosi. Bukan hanya kolaborasi antara brand dengan brand, namun juga antara brand dengan perseorangan. Kolaborasi memungkinkan untuk menghadirkan ‘pengikut’ baru, misalnya brand makanan berkolaborasi dengan brand minuman. Dengan strategi ini, konsumen brand A akan mengenal brand B begitupun sebaliknya. Strategi kolaborasi mampu memperluas jangkauan pasar. Stiker label promosi dapat berisi logo dari kedua brand atau desain stiker yang menggambarkan ciri khas dari keduanya.
Tips Mendesain Stiker Label Promosi
- Pilihlah warna yang kontras agar mampu mempengaruhi persepsi dari konsumen. Misalnya, warna merah untuk menekankan perhatian pada diskon atau warna hijau yang memberikan kesan kesegaran.
- Gunakanlah font yang mudah dibaca oleh pengguna. Daripada menggunakan font latin bersambung untuk informasi penting seperti komposisi atau tanggal kadaluarsa, sebaiknya menggunakan font jelas dan tegas.
- Jangan hanya berfokus pada logo, masukkan juga informasi penting seperti tagline, kontak, QR code yang mengarah pada online marketplace atau website yang mampu menunjang performa stiker label.
- Stiker label harus disesuaikan dengan bentuk produk, contohnya bulat untuk tutup botol, persegi untuk kemasan makanan.
Dari sini, dapat ditarik kesimpulan jika strategi stiker label promosi adalah salah satu cara termurah namun efektif dalam meningkatkan visibilitas dari bisnis atau brand. Stiker label bukan hanya tempelan, namun juga sebagai alat komunikasi visual yang mampu membangun identitas brand di mata konsumen agar terlihat profesional. Kamu bisa konsultasikan stiker label dengan chat kami disini atau kunjungi stiker label kami disini.