Cetak Inner Box: Penggunaannya di Industri Kosmetik dan Skincare

Bagikan:

Inner box merupakan kemasan yang digunakan sebagai pelindung sekaligus penunjang dar tampilan suatu produk. Jika biasana produk kosmetik dan skincare dikemas pada sebuah botol, tube, atau jar, maka inner box hadir untuk membungkus produk wadah utama tersebut, Adanya inner box menambah nilai fungsionalitas dan nilai estetika dari suatu produk, bukan hanya digunakan untuk melindungi tapi juga dijadikan komunikasi visual antara produk dengan calon pelanggan.  Artikel ini akan menjelaskan menngenai kegunaan cetak inner box pada industri kosmetik dan skincare dan seberapa powerful inner box untuk strategi branding dari produk.

Fungsi Inner Box pada Produk Kosmetik dan Skincare

Adanya inner box menjadi salah satu langkah strategis dalam dunia bisnis, terutama bisnis kosmetik dan bisnis skincare.

1. Untuk Melindungi Produk

Inner box mampu menjadi proteksi tambahan pada botol, tube, atau jar dari benturan saat proses distribusi atau pengiriman produk.

2. Untuk Meningkatkan Daya Tarik Visual

Inner box dengan desain yang otentik dan menarik dapat menjadi salah satu alasan untuk memikat calon konsumen.

3. Sebagai Pembeda dengan Produk Lain

Inner box mampu menjadi pembeda antara satu produk dengan produk lainnya. Isi produk boleh sama, namun inner box bisa dijadikan sebagai media diferensiasi sehingga lebih mudah untuk dikenali oleh konsumen.

4. Tempat Informasi Produk 

Melalui inner box, informasi penting produk seperti tanggal kadaluarsa, kode produksi, komposisi dari produk dapat dicetak dengan jelas sehingga mampu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu produk. Dengan informasi yang jelas dan desain yang menarik, calon konsumen akan memandang produk tersebut aman digunakan.

Jenis-Jenis Finishing untuk Inner Box

Berikut ini adalah jenis-jenis finishing yang dapat digunakan untuk menunjang tampilan dari inner box.

1. Hot Print (Hot Stamping)

finishing hot print pada inner boz dan cetak inner box
Sumber: Pribadi

Jenis finishing hot print atau hot stamping ini diaplikasikan dengan menambahkan lapisan foil berwarna  emas, perak, atau hologram pada pada bagian tertentu dari kemasan. Contoh penggunaannya sering ditemukan pada desain logo atau brand dari suatu produk. 

2. Emboss

finishing  emboss pada inner boz
Sumber: pribadi

Selanjutnya ada jenis finishing emboss. Finishing ini akan membuat bagian tertentu pada kemasan memiliki efek timbul. Dengan emboss, bagian logo, teks, atau elemen desain pada inner box akan terasa timbul saat diraba. Cocok untuk menonjolkan identitas dari suatu brand agar mudah untuk diingat oleh calon konsumen.

3. Spot UV

finishing spot UV pada inner boz
Sumber: pribadi

Spot UV memberikan kesan modern pada bagian inner box dengan lapisan glossy transparan. Karena glossy, maka akan timbul efek kontras dengan area doff atau matte. 

4. Lock Bottom 

finishing lock bottom pada inner boz
Sumber: pribadi

Lock Bottom merupakan jenis finishing pada inner box yang memberikan semacam lipatan untuk mengunci agar produk bisa menahan beban berat dan tidak mudah untuk terbuka atau jebol. Karena membantu ketahanan pada inner box, lock bottom ini cocok untuk jenis produk yang dibungkus dengan botol kaca atau jjar.

5. Tuck End

finishing tuck end pada inner boz
Sumber: pribadi

Jenis tuck end ini membuat inner box memiliki lipatan di bagian atas dan bagian bawah kotak.. Tuck end juga diklasifikasikan kembali menjadi dua, yakni straight tuck end atau penutup searah dan reverse tuck end atau penutup berlawanan arah.

6. Perforasi

finishing perforasi pada inner boz
Sumber: pribadi

Perforasi merupakan sebuah metode untuk membuat garis titik-titik putus pada permukaan inner box agar konsumen mudah untuk membuka kemasan. Ini bisa dimanfaatkan sebagai segel kemasan sekaligus memberikan pengalaman unboxing yang unik.

Tren Desain Inner Box untuk Industri Kosmetik dan Skincare

Desain dari inner box terus berkembangmengikuti tren dari minat pasar. Berikut ini adalah tren desain inner yang tengah populer.

  1. Minimalis elegan, contohnya warna putih, hitam, atau beige dengan teks dan font sederhana mampu memberikan kesan kalem dan elegan.
  2. Pastel soft, dimana warna-warna pastel seperti baby pink, mint, baby blue disukai oleh brand-brand skincare.
  3. Tampilan yang eco-friendly atau ramah lingkungan, contohnya menggunakan jenis kertas yang menonjolkan kesan alam atau earth, seperti jenis kertas kraft.
  4. Colorful, produk kosmetik yang pangsa pasarnya adalah remaja, warna-warna cerah seperti merah atau biru akan lebih mudah memikat calon konsumen.
  5. Finishing premium, contohnya penggunaan hot stamping, emboss, dan spot uv membantu produk tampil berkelas di mata calon konsumen.

Cetak Inner Box di Art Diary

Inner box bukan sekedar kotak tambahan, namun juga bagian penting dari strategi branding produk, proteksi atau perlindungan, hingga pada saat pemasaran sebelum sampai ke tangan konsumen. Baik diaplikasikan pada produk kosmetik maupun skincare, inner box mampu memberikan kesan premium, membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk, dan membantu diferensiasi dari suatu brand di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif.

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa brand besar kosmetik dan skincare, seperti Emina, Wardah, atau Scarlett yang menggunakan inner box untuk produk-produknya?

Ini disebabkan inner box bukan hanya sekedar kemasan atau kotak tambahan, namun juga sebagai alat strategi untuk promosi. 

Nah, jika brand besar saja sudah menggunakannya, kenapa produkmu tidak?

Kamu ingin cetak inner box untuk produk skincare, kosmetik, obat herbal, atau produk makanan dan minuman? Kami siap membantumu mewujudkan inner box impian yang sesuai dengan kebutuhan. Ayo, segera konsultasikan inner box impian di Art Diary hanya dengan satu langkah mudah. Hubungi kami dengan klik link disini atau kunjungi kami disini dan dapatkan penawaran terbaik bersama Art Diary, GRATIS!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *