Salah satu strategi dalam marketing lama yang masih eksis sampai saat ini adalah katalog produk. Katalog produk telah menjadi media promosi yang sudah terbukti efektif di keadaan tertentu karena memiliki daya tarik visual yang kuat, mudah dibawa kemana saja, dan tentunya memberikan kesan profesional kepada sebuah brand atau merek. Selain itu, katalog produk membantu membentuk persepsi kepada brand, tergantung dari layout dan warna yang diangkat.
Artikel ini akan menjelaskan tentang apa itu katalog produk, rahasianya agar terlihat profesional dan menjual, contoh katalog produk dari berbagai industri, hingga beberapa tips dan trik strategi promosi yang dapat dilakukan menggunakan katalog produk.
Apa Itu Katalog Produk?
Katalog produk adalah sebuah media cetak atau media digital yang berisi daftar produk maupun layanan yang ada di sebuah perusahaan atau bisnis, yang dilengkapi dengan gambar produk, harga, dan deskripsi dari produk tersebut. Katalog produk ini berfungsi sebagai salah satu alat pemasaran yang bisa diberikan kepada calon konsumen. Dengan ini, diharapkan calon konsumen mampu memahami detail dari produk atau sebuah layanan dengan jelas. Meskipun saat ini digitalisasi menjadi pilihan yang digemari untuk promosi, metode cetak katalog sebagai bagian dari upaya marketing masih terus digunakan oleh banyak perusahaan besar. Selain karena katalog dalam bentuk fisik bisa dianggap sebagai sebuah etalase atau rak display yang bisa dibawa kemana saja, katalog produk bentuk fisik dapat memberikan kesan personal yang mendukung terciptanya hubungan antara calon konsumen dengan produk atau layanan itu sendiri.
Apa Saja Isi Katalog Produk Ideal?
Katalog bukan hanya sekedar daftar produk dengan harga, namun juga difungsikan sebagai wajah brand atau merek di mata pelanggan. Agar terlihat profesional, menarik, dan di mata calon konsumen, ada beberapa poin yang bisa kamu terapkan, diantaranya.
1. Menggunakan Desain Katalog yang Rapi
Yang pertama pastinya menggunakan desain katalog yang rapi. Mulai dari layout, warna yang digunakan, font, dan besar kecilnya huruf atau angka yang digunakan harus terlihat presisi dan seimbang.
2. Menampilkan Foto Produk Berkualitas Tinggi
Setelah desain katalog yang rapi dan presisi, hal lain yang harus kamu perhatikan pula adalah foto produk, terutama pada angle dan kualitas foto yang dihasilkan.
3. Menyertakan Deskripsi yang Padat dan Informatif
Selanjutnya menyertakan deskripsi yang padat dan informatif. Untuk media promosi seperti katalog produk, hindari deskripsi produk yang terlalu panjang. Berikan deskripsi yang cukup namun informatif, berisi manfaat, harga, ukuran, dan keunggulan dari produk.
4. Menyertakan Informasi Kontak Perusahaan
Terakhir, agar sesi komunikasi bisa lebih mudah dan berlanjut, penting juga untuk menyertakan informasi dari kontak perusahaan penyedia produk atau layanan. Sehingga calon konsumen dapat langsung menghubungi ketika tertarik membeli produk.
Namun, ada satu rahasia dan detail kecil agar katalog benar-benar dapat tampil profesional dan menjual di mata calon konsumen. Tidak berhenti pada desain katalog dan angle foto, desain dan bahan kemasan dari produk yang ditampilkan juga mendukung kesan profesional.
Coba bayangkan saja sebuah katalog dengan desain menarik, pengambilan angle foto baik, namun salah satu hal krusial yakni produk yang akan dipasarkan malah dikemas seadanya. Tentu detail seperti ini akan membuat katalog produk tidak menarik, kan? Sebaliknya, jika produk dikemas dengan desain dan bahan premium, akan membuat katalog terlihat lebih eksklusif dan efektif dalam memikat calon konsumen.
Kami bisa menjadi partner dalam menunjang tampilan kemasan produk kamu agar terlihat profesional di katalog maupun di pasaran, melalui layanan cetak inner box, standing pouch, dan label stiker dengan kualitas premium. Kamu bisa konsultasikan desain dan bahan kemasan produk kamu dengan chat kami disini atau kunjungi website kami disini.
Dengan katalog yang menarik dan kemasan produk yang profesional, bisnis akan terlihat terpercaya di mata calon konsumen sehingga membantu meningkatkan penjualan.
Contoh Gambar dari Katalog Produk dari Berbagai Industri
Setiap industri memiliki ciri khas tersendiri dalam membangun katalog produk yang eye-catching. Berikut ini adalah beberapa contoh gambar dari katalog produk dari berbagai industri.
1. Industri Kosmetik
Industri kosmetik membutuhkan katalog untuk menjelaskan mengenai cara penggunaan, komposisi bahan yang digunakan, serta manfaat yang dihasilkan setelah menggunakan produk kosmetik tersebut.
2. Industri Makanan dan Minuman
Untuk kepentingan promosi, katalog dari industri makanan dan minuman seringkali menampilkan foto produk mereka dengan tone warna yang mampu menggugah selera dari konsumen. Biasanya katalog produk ini juga sering digunakan sebagai buku menu.
3. Industri Furniture
Katalog produk pada industri furniture untuk menjelaskan material yang digunakan, harga, detail dari ukuran produk, dan variasi warna yang ada.
4. Industri Fashion
Katalog produk dari industri fashion ini menggunakan model atau manekin untuk membantu memberikan gambaran kepada calon konsumen akan seperti apa outfit tersebut ketika dikenakan. Selain itu, biasanya juga turut memuat informasi harga serta variasi ukuran.
Strategi Promosi Menggunakan Katalog Produk
Berikut ini adalah beberapa tips dan trik dari pemanfaatan dari katalog produk.
1. Menyebarkannya saat Pameran atau Event
Katalog produk dinilai efektif untuk dibagikan saat pameran atau event berlangsung. Dengan ini, calon konsumen bisa membawa katalog tersebut kemanapun sehingga brand-mu lebih mudah untuk diingat.
2. Menyertakannya dalam Pengiriman Produk Terkait
Salah satu strategi bisnis yang bisa kamu lakukan adalah menyertakan katalog produk setiap kali ada yang order. Ini dapat membantu konsumen mengetahui produkyang lainnya.
3. Dikirim Langsung Kepada Pelanggan Potensial
Untuk strategi satu ini lebih cocok digunakan pada e-katalog atau katalog digital. Biasanya setiap perusahaan memiliki database berupa email atau nomor telepon dari orang-orang yang sudah pernah order produk di perusahaan tersebut, sehingga katalog digital dapat dikirimkan memanfaatkan data email atau telepon yang ada.
4. Dipajang di Rak Display atau Toko Offline
Jika kamu memiliki toko offline, meletakkan katalog di rak display khusus menjadi salah satu strategi jitu. Calon konsumen dapat membawa katalog tersebut pulang untuk dapat dipertimbangkan lebih lanjut sebelum benar-benar melakukan pembelian.
Dari sini dapat ditarik kesimpulan, jika kunci dari katalog produk yang sukses adalah dari desain yang menarik, deskripsi yang padat tapi informatif dan foto produk yang totalitas ditunjang dari desain dan bahan kemasan produk itu sendiri, serta strategi promosi yang tepat. Hal tersebut akan membantu brand bisnismu menjadi lebih kuat dan mudah untuk diingat.