Mengenal Pentingnya Inner Box: Fungsi, Keuntungan, dan Contohnya

Bagikan:

Kemasan atau packaging bukan hanya sekedar pembungkus produk, namun juga sebagai salah satu strategi branding marketing. Salah satu elemennya yang jarang di-notice adalah inner box. Tidak sedikit pelaku usaha yang hanya memberikan atensi pada outer box, padahal inner box turut membantu melindungi, menambah nilai estetika, sekaligus meningkatkan nilai jual dari produk. Artikel ini diperuntukkan untuk siapapun yang ingin memahami pentingnya inner box dalam kemasan untuk mengoptimalkan branding produk mereka.

Apa Itu Inner Box?

Inner box adalah sebuah kotak yang terbuat dari bahan kertas karton yang umumnya diletakkan di dalam outer box atau kemasan luar. Karena diletakkan di bagian dalam outer box atau kemasan utama, inner box dibuat dengan ukuran yang lebih kecil. Fungsi inner box adalah memberikan perlindungan ganda kepada suatu produk serta menambah nilai estetika yang mampu mendatangkan kepuasan dari pelanggan.

Beberapa orang juga menyebut inner box sebagai kemasan saja apabila berdiri sendiri atau tanpa dilapisi dengan outer box.

Sekalipun terlihat sederhana dan hanya sebuah kotak kecil di balik kotak utama, inner box bisa memberikan kesan premium pada suatu produk. Contohnya saja adalah produk skincare mahal, seperti botol serum atau foundation yang umum menggunakan inner box sebelum dimasukkan ke dalam outer box. Ini akan membantu menghasilkan perspektif jika unboxing experience yang dirasakan oleh pengguna menyenangkan dan eksklusif dengan tampilan yang elegan.

Baik outer box maupun inner box memiliki peranan penting masing-masing. Mudahnya, outer box adalah kemasan luar atau perlindungan lapis pertama, sedangkan inner box berada di dalam outer box yang memberikan perlindungan pada produk dari dalam.

Fungsi Inner Box dalam Kemasan 

Berikut ini adalah beberapa dari fungsi inner box pada kemasan.

1. Sebagai Perlindungan Produk dan Kemasan

Fungsi utama dari inner box adalah untuk memberikan perlindungan ekstra atau lapis kedua pada produk agar tidak mudah rusak, apalagi produk terbuat dari material yang mudah pecah seperti botol parfum yang terbuat dari kaca.. Bahan makanan pun memerlukan inner box untuk menjaga agar bahannya tetap optimal.

2. Mampu Memberikan Kesan Premium pada Kemasan

Selain fungsi utamanya untuk memberikan perlindungan produk pada kemasan, inner box juga ditujukan untuk memberikan kesan premium pada kemasan. Dengan inner box, pelanggan akan menganggap jika produk tersebut benar-benar dipikirkan detail-detailnya, baik dari segi estetika maupun dari segi fungsionalitas. Selain itu, terkadang inner box membuat produk dengan harga yang relatif mahal tetap laku, sebab dibayarkan dengan pengalaman visualisasi produk yang elegan.

3. Mampu Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan tidak hanya bergantung dari kualitas produk, namun juga berasal dari bagaimana produk tersebut dikemas. Keduanya berkesinambungan untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, mulai dari desain yang menarik, perlindungan produk yang aman, dan kualitas produk yang bukan sekedar janji. Dari kepuasan inilah, akan muncul repeat order bahkan rekomendasi dari satu orang orang lainnya yang berharga untuk sebuah bisnis.

Bahan Inner Box yang Umum Digunakan

Bahan yang digunakan sangat menentukan ketahanan, fungsi, dan kesan yang nantinya akan ditampilkan pada kemasan. Berikut ini adalah beberapa bahan inne box yang umum digunakan.

1. Bahan Kertas Karton Duplex

Kertas karton duplex menjadi salah satu bahan yang populer digunakan untuk membuat inner box. Banyak orang yang memilih bahan kertas ini karena harganya yang cenderung terjangkau dan tekstur kertasnya yang cukup kuat. 

2. Bahan Kertas Ivory atau Art Carton

Bahan kertas ivory atau art carton ini menawarkan hasil cetakan yang nantinya terlihat premium. Jika digunakan sebagai material dari pembuatan inner box, warna yang dihasilkan akan lebih tajam sebab permukaannya yang halus dan putih bersih. Industri kosmetik dan fashion banyak yang  menggunakan bahan kertas ivory dan art carton ini untuk membuat inner box bagi produk mereka.

3. Bahan Kertas Corrugated

Bahan corrugated atau yang lebih dikenal dengan karton bergelombang ini memiliki fisik yang tebal dan kokoh. Inner box yang memanfaatkan kertas corrugated ini lebih sering digunakan untuk industri elektronik yang cocok pula untuk produk-produk yang mudah rusak atau fragile. 

Baca juga: jenis bahan stiker yang umum digunakan dalam percetakan

Contoh Inner Box dalam Kemasan

Berikut adalah beberapa contoh dari penggunaan inner box pada berbagai kemasan produk.

1. Inner Box untuk Kemasan Produk Skincare dan Kosmetik

Salah satu industri yang sering memanfaatkan inner box berasal dari produk skincare atau kosmetik. Banyak produk skincare atau kosmetik yang menggunakan material kaca, seperti botol parfume, botol serum yang membutuhkan perlindungan berlapis guna meminimalisir kemungkinan produk tersebut pecah. Inner box pada produk skincare dan kosmetik juga mampu menambah nilai jual dan membuat produk terlihat lebih bernilai.

2. Inner Box untuk Kemasan Produk Elektronik

Selain sebagai perlindungan, perusahaan besar seperti iPhone atau Samsung menggunakan inner box sebagai untuk meningkatkan pengalaman unboxing yang eksklusif. Hal tersebut merupakan pengaruh psikologis yang memicu hadirnya kesan mahal dan kepuasan pelanggan. Produk elektronik yang menggunakan inner box hampir seluruhnya memakai bahan corrugated sebab memiliki ketahanan khusus terhadap guncangan.

3. Inner Box untuk Kemasan Produk Fashion

Produk fashion mewah dari brand global, seperti tas, sepatu, jam tangan, atau pakaian pasti menggunakan inner bos untuk memastikan barang terlindungi dan tidak berubah bentuk. Misalnya, sepatu menggunakan sekat, jam tangan menggunakan busa yang dilapisi dengan kain beludru, atau tas yang dilapisi dengan kain atau bantalan.

4. Inner Box untuk Kemasan Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman yang memiliki branding premium cenderung memiliki inner box pada kemasan produk mereka. Contohnya, coklat. Makanan manis ini sering dikaitkan dengan kesan mewah yang membuatnya harus memiliki proteksi lebih. Biasanya dilindungi dengan inner box yang dipisahkan kembali dengan sekat-sekat untuk menjaga potongan dari coklat premium tersebut. 

Bagaimana dengan Tren Desain Inner Box dalam Dunia Packaging?

Berikut ini adalah beberapa tren desain inner box yang populer.

1. Desain yang Minimalis dan Elegan

Desain inner box saat ini cenderung mengarah pada desain kalem, elegan, dan minimalis. Dengan ini,inner box akan menonjolkan citra eksklusif pada produk.

2. Kemasan yang Eco-Friendly

Seiring dengan meningkatnya kesadaran lingkungan, inner box yang ramah lingkungan lebih disukai oleh calon pengguna. Selain ramah lingkungan, kemasan yang eco-friendly akan minu citra positif pada brand.

3. Personalisasi Desain

Untuk membedakan dengan brand lain, memang sudah seharusnya inner box didesain khusus yang menampilkan kesan personal. Inner box bisa didesain dengan menyertakan ilustrasi unik, QR Code yang juga bisa dijadikan sebagai media komunikasi langsung antara brand dengan konsumen.

Inner box bukan hanya sekedar pelengkap dari kemasan. Jika dilihat dari sisi fungsi, inner box membantu produk agar tetap dalam keadaan aman dan optimal hingga sampai ke tangan konsumen. Sedangkan dari sisi branding, inner box mampu menambah kesan premium, elegan, dan eksklusif yang mampu meningkatkan kepuasan dan pengalaman pelanggan. 

Telusuri juga: cetak inner box untuk produk skincare dan kosmetik

Cetak Inner Box di Art Diary

contoh inner box
Contoh inner box (Sumber: pribadi)

Mau produkmu tampil lebih profesional dan berkesan? Cetak inner box di Art Diary solusinya! Di sini, kamu nggak perlu punya bekal desain atau repot mikirin bahan, karena kami siap bantu kamu dari nol sampai jadi kemasan yang benar-benar siap memikat pasar. Mulai dari desain custom yang sesuai dengan identitas brand, pemilihan material inner box yang tepat, hingga hasil cetak berkualitas tinggi yang bikin produkmu naik kelas. Dan kabar baiknya, di mana pun kamu berada, Art Diary siap kirim ke seluruh Indonesia dengan aman dan cepat. Jadi, nggak ada alasan lagi untuk menunda punya kemasan premium yang bikin pelanggan jatuh hati.

Kamu bisa chat langsung kami disini atau kunjungi kami disini dan biarkan tim Art Diary wujudkan kemasan yang bikin produkmu stand out di pasaran!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *